Masker N95 Untuk Pencegahan Penularan COVID-19
via pixabay.com

Masker N95 Untuk Pencegahan Penularan COVID-19

Posted on

Masker N95 – Pandemic COVID-19 ini memang membuat semua masyarakat di Indonesia panik. Bukan hanya di Indonesia saja, tapi bahkan seluruh dunia sedang menghadapi pandemic yang sekarang ini memiliki tingkat kematian yang cukup serius. Ini karena COVID-19 menyerang sistem imun. Jadi, jika sistem imun tidak kuat, maka akan sangat mudah terkena dampak dari virus ini dan parahnya, dapat menyebabkan kematian.

Pemerintah bahkan WHO (World Health Organization) sudah memberikan solusi yang tepat dalam menangani pandemic ini, yaitu jika memang tidak ada kepentingan yang mendesak, silahkan tetap dirumah saja, dan jika memang diharuskan keluar rumah, maka sebaiknya mengenakan masker.

Dari sinilah ketidakseimbangan harga masker medis mulai terjadi. Banyak yang menjadi penimbun masker dan menyebabkan harga masker semakin gila bahkan melonjak hampir 10x lipat dari harganya yang normal. Tentu ini menjadi sebuah kepanikan bagi masyarkat, terlebih bagi masyarakat yang memang kurang mampu dalam membeli masker dengan harga yang tidak masuk akal tersebut.
Namun, sekarang ini memang mengenakan masker kain sudah bisa, dan harga untuk masker medis sudah mulai normal. Dari berbagai jenis masker, yang sangat protektif terhadap virus ini adalah masker N95 yang memang sangat dianjurkan untuk dikenakan oleh orang yang secara langsung kontak fisik dengan para penderita COVID-19.

Masker N95 adalah salah satu jenis Alat Pelindung Diri (APD) yang digunakan untuk menjaga diri berasal dari partikel berbahaya di udara atau droplet supaya tidak terpapar dan masuk ke saluran pernapasan. Sebelum mengkaji lebih dalam, respirator ini dinamakan jenis N95 karena:

  1. N: Not resistant to oil (tidak tahan terhadap minyak)
  2. 95: Menghilangkan 95% berasal dari semua polutan hawa bersama dengan diameter 0,3 mikron dan lebih besar

Masker N95 adalah salah satu berasal dari 7 jenis filtering facepiece respirator (FFR) bersama dengan kekuatan menyaring 95% partikel yang terlampau kecil (0,3 mikron) yang terbawa melalui hawa terhitung virus, bakteri, jamur, alergenisitas, dan debu tetapi tidak tahan terhadap minyak (not resistant to oil).

Kapan Menggunakan Masker N95

Berdasarkan Disease Control and Prevention (CDC), masker jenis ini digunakan untuk menahan flu, influenza, dan juga digunakan oleh pasien yang terinfeksi untuk menahan penyebaran flu babi dan penularan flu burung berasal dari orang ke orang. Pekerja di tempat tinggal sakit, laboratorium, atau kamar mayat terhitung direkomendasi mengfungsikan masker ini.
Jadi, jika ditanya kapan menggunakan masker N95, maka jawabannya adalah saat berkontak langsung dengan virus ini, misalnya dokter yang langsung menangani pasien, ataupun pada lokasi pasien yang mengalami penyakit menular agar tidak tertular penyakit tersebut yang bisa jadi virusnya masih ada di udara.

Jenis Masker N95 Dan Masker Protektif Lainnya

Saat ini, yang merupakan masker yang protektif dalam melindungi dari paparan virus Corona adalah masker N95. Namun, dipasaran sekarang ini ada jenis masker N95 yang sedang gencar-gencarnya menjadi perdebatan mana yang lebih protektif lagi. Ya, masker tersebut adalah P96 dan juga N99 dan N100.

Lain halnya dengan masker style N, masker P95 punyai kemampuan untuk menyaring partikel yang memiliki kandungan minyak dilepaskan, layaknya bensin, solar, minyak tanah, cat, dan minyak goreng. Pengguna yang memakai masker style ini umumnya berada di lokasi berminyak layaknya pompa bensin, kalang minyak, pabrik farmasi, dan pabrik lainnya yang produksi minyak. Masker P95 dapat digunakan sepanjang 40 jam di dalam jangka selagi 30 hari.

Lalu, ada lagi Masker N99 dan N100. Masker N99 dan N100 menjadi pilihan yang pas dan jauh lebih kuat dibandingkan bersama dengan N95. Kedua masker ini tiap-tiap punyai tiga susunan filter. Lapisan pertama berguna untuk menjebak partikel-partikel kasar layaknya debu dan pasir, susunan tengahnya ampuh menyaring partikel yang masuk, dan susunan terdalam berguna menjaga dari gas layaknya senyawa organik yang enteng menguap dan berbau busuk.

Perbedaan di antara kedua masker ini adalah kemampuannya di dalam menyaring udara. Masker N99 dapat menyaring hawa sampai 99 persen, sedangkan masker N100 sampai 100 persen. Namun, itu tergantung kalau memang hanya tenaga medis yang tidak secara langsung kontak fisik dengan pasien, maka N95 saja sudah cukup.

Letak Pabrik Masker N95

Salah satu pabrik masker N95 yang sangat terkenal adalah 3M. Selama darurat kesehatan masyarakat pandemi COVID-19, respirator “industri” N95 standar ini dapat digunakan oleh para profesional kesehatan sesuai dengan Otorisasi Penggunaan Darurat AS (EUA) AS. 3M ™ Particulate Respirator 8210 tidak dibersihkan oleh FDA AS sebagai masker bedah, sebagai masker bedah dan tidak dianggap tahan cairan, oleh karena itu pelindung wajah harus dipakai saat digunakan.

3M ™ Particulate Respirator 8210, N95 adalah respirator partikulat sekali pakai yang dirancang untuk membantu memberikan perlindungan pernafasan yang andal dari efisiensi penyaringan setidaknya 95 persen terhadap partikel non-minyak tertentu. Respirator ini dirancang untuk digunakan untuk partikel seperti dari penggilingan, pengamplasan, menyapu, menggergaji, mengantongi, atau operasi berdebu lainnya.
Respirator ini juga dapat membantu mengurangi paparan inhalasi ke partikel biologis tertentu yang terbawa melalui udara (contoh: jamur, Bacillus anthracis, Mycobacterium tuberculosis), tetapi tidak dapat menghilangkan risiko tertular infeksi, penyakit, atau penyakit. Respirator menggabungkan teknologi milik 3M dengan media filter microfiber bermuatan elektrostatik canggih yang dirancang untuk kemudahan bernafas. Respirator ini kompatibel dengan berbagai kacamata pelindung dan pelindung pendengaran.

Letak pabrik masker N95 3M yang merupakan perusahaan konglomerat multinasional Amerika yang beroperasi di bidang industri, keselamatan pekerja, perawatan kesehatan AS, dan barang-barang konsumen ini terletak di Saint Paul, Minnesota, United States.

Masker N95 Bisa Dipakai Berapa Kali Agar Tetap Steril

Berbeda dengan masker medis yang lain yang biasa sekali pakai,   ini berbeda. Jika ditana masker N95 bisa dipakai berapa kali? Maka jawaban yang tepat adalah tergantung situasi dan kondisi.

Respirator N95 sanggup dicuci dan digunakan lagi. Anda sanggup menggunakannya secara terus-menerus sepanjang 2-3 hari. Lebih berasal dari durasi tersebut, Anda kudu mencucinya bersama dengan benar.
Berikut ini cara mencuci respirator N95:

  1. Cuci bersama dengan air mengalir
  2. Jangan mengucek atau menggosoknya terlalu keras
  3. Anda tidak dianjurkan gunakan deterjen
  4. Keringkan sebelum saat dipakai lagi

Apabila respirator N95 mempunyai noda yang tidak sanggup hilang, muncul terlalu kotor, atau rusak, sebaiknya buang dan gunakan yang baru.

Berdasarkan National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH), Anda termasuk wajib membuang masker yang habis digunakan untuk operasi.

Keunggulan Masker N95 Dengan Masker Yang Lain

Keunggulan masker N95 adalah tak lain tak bukan punyai susunan filtrasi untuk menyaring hingga 95% partikel yang benar-benar kecil hingga ukuran 0,3 mikron. Partikel kecil yang terhirup bisa membawa dampak gangguan saluran pernapasan dan paru-paru.
Respirator N95 terhitung ditujukan untuk pasien yang udah di konfirmasi terkontaminasi virus atau penyakit. Ini digunakan untuk mencegah penyebaran penyakit ke orang lain yang dipaparkan lewat droplet atau tetesan sementara pasien selanjutnya bersin dan batuk.
Selain itu, masker N95 sangat nyaman digunakan. Walaupun memang sangat protektif, tapi saat menggunakan masker ini serasa bisa bernafas secara leluasa.

Dimana Beli Masker N95 Yang Tepat

Kalau Anda ingin tahu dimana beli masker N95, sebaiknya membeli di tempat yang memang menyediakan alat-alat kesehatan. Dan perlu diperhatikan juga, belilah masker N95 yang memiliki sertifikasi berasal dari CDC, NIOSH, OSHA, dan FDA. Masker yang tidak memiliki logo berikut tidak dijamin memiliki bantuan yang memadai.

Sementara untuk harga masker N95 didalam suasana normal adalah sekitar Rp 200.000 per kotak yang berisi 20 lembar. Harga eceran masker N95 sekitar Rp 10.000 per masker.

Apa Itu Masker N95 Kesimpulannya

Kesimpulan dari apa itu masker N95 adalah sebuah respirator yang bisa digunakan untuk menangkan berbagai partikel kecil seperti debu, bakteri, bahkan virus agar saluran pernafasan tidak terganggu dan tubuh tidak tertular penyakit yang berasal dari bakteri maupun virus tersebut.