Makanan Khas Jawa Tengah
Makanan Khas Jawa Tengah

25 Makanan Khas Jawa Tengah Yang Sederhana Dan Mengenyangkan

Posted on

Makanan Khas Jawa TengahIndonesia memang surganya kuliner. Negara kepulauan ini membawa ribuan menu masakan di setiap daerahnya. Secara turun temurun resep masakan tradisional Indonesia selamanya terjaga hingga hari ini. Dengan segala kekayaan rempahnya yang khas, kelezatan kuliner Indonesia sudah terbukti hingga ke tingkat Internasional.
Provinsi Jawa Tengah turut menyumbang lebih dari satu menu masakan yang berhasil memikat lidah orang-orang berasal dari beraneka lokasi dan negara. Berikut ini 26 kuliner Jawa Tengah yang patut kamu coba selagi datang ke Semarang, Solo, Yogyakarta dan sekitarnya.

Inilah Rekomendasi Makanan Khas Jawa Tengah

1. Gudeg

nomor satu berasal dari Provinsi Jawa Tengah adalah Gudeg. Gudeg tak melulu hanya berasal dari Jogja. Solo juga membawa resep gudeg tersendiri bersama cita rasa yang tidak benar-benar manis. Kuliner yang satu ini harus kamu coba jikalau Solo atau Jogja. Untuk kamu yang belum pernah tau rasanya gudeg. Gudeg kondang sebab cita rasanya yang lezat, manis hingga gurih. Gudeg sendiri adalah makanan yang gunakan bahan baku utama bersifat nangka muda yang dimasak bersama santan. Membuat gudeg sanggup dibilang gampang-gampang sulit.
Pada umumnya, para pedagang Gudeg umumnya menyajikan dagangannya terhadap malam hari. Dimulai berasal dari jam 21:00. Hal ini sebab umumnya dijual di depan area pertokoan yang tersedia di jalan-jalan protokol. Perlu diketahui bahwa terdapat tiga jenis gudeg yakni gudeg basah, gudeg kering, dan gudeg manggar.
Gudeg basah disediakan gunakan kuah santan yang bertekstur nyemek atau basah yang punyai cita rasa gurih. Sajian gudeg yang dijual terhadap malam hari adalah jenis olahan gudeg basah. Karena gudeg basah memiliki kandungan kuah santan maka gudeg jenis ini tidak sanggup disimpan didalam jangka selagi lama agar harga jual gudeg basah lebih murah.
Sedangkan gudeg kering dimasak lebih lama agar kuahnya menjadi mengering. Gudeg kering punyai warna yang lebih kecoklatan bersama rasa yang dominan manis. Sementara yang ketiga adalah gudeg manggar. Gudeg mangar dibikin gunakan bunga kelapa. Namun, untuk gudeg ini lumayan sulit ditemukan.

2. Sate Klathak

klathak adalah sate khas Jawa Tengah yang dibikin berasal dari daging kambing. Mungkin kamu sudah takut duluan mirip bau langu daging kambing dan kolestrol? Tenang saja, daging kambing yang digunakan untuk sate klathak ini adalah daging kambing muda. Sehingga sate klathak ini rendah kolestrol dan tidak bau.
Sate Klathak juga diolah bersama langkah yang lain berasal dari terhadap sate biasanya. Sate klathak hanya dibakar gunakan bumbu garam saja, layaknya Sate Taichan. Cara penyajiannya pun tanpa bumbu. Seporsi sate klathak dihargai Rp7.000 hingga Rp15.000. Murah bukan? Kamu sanggup menjumpai banyak pedagang Sate klathak di area Bantul.

3. Nasi Bogana

Bogana merupakan sajian yang Indonesia banget. Nasi bersama beraneka sayur dan lauk pauk bakal disediakan gunakan daun pisang. Sekilas kamu bakal menyaksikan hidangan ini layaknya nasi campur khas Jawa Timur. Namun bedanya, Nasi Bogana ini sanggup dibilaang lebih komplit. Dengan lauk pauk layaknya telur, daging, tempe, sadar dan sayur mayur.
Setelah semua bahan sudah berada di atas daun pisang dan siap disajikan, terlebih dahulu ditaburi serundeng. Serundeng adalah parutan kelapa yang digoreng. Serundeng ini bakal menghadirkan rasa gurih ke didalam nasi bogana. Nasi bogana bersama porsinya yang besar dan komplit ini benar-benar pas sebagai menu makan siang. Tertarik? Kamu tak harus jauh-jauh datan ke kota asalnya Tegal. Coba browsing apakah di kota asalmu tersedia pedagang yang menjual Nasi bogana. Selamat mencoba, ya.

4. Brekecek

Brekecek adalah keliru satu kuliner khas Jawa Tengah yang masih jarang diketahui orang. Bagi kamu pemburu makanan anti mainstream, makanan Brecek ini adalah pilihan yang tepat. Brekecek dibikin gunakan bahan dasar ikan. Jenis ikan yang digunakan lumayan beragam, terasa berasal dari ikan pathak, ikan jahan, atau pun Ikan laut menthok dan basur.
Nama brecek diambil berasal dari brek dan kecek. Brek artinya dijatuhkan atau dibantingkan sedangkan kecek punyai makna dicekek atau dicampurkan bersama bumbu-bumbu tertentu. Rasanya yang lezat dijamin bakal membuatmu ingin coba kembali dan lagi.

5. Mangut Beong

Jika kamu pernah mendengar kata mangut yang disandingkan bersama ikan lele menjadi Mangut Lele, maka ketahuilah bahwa menu yang memang adalah mangut beong. Masakan yang satu ini memang benar-benar kondang di Jawa Tengah. Sekilas masakan mangut beong memang gunakan ikan lele sebagai bahan dasar utamanya. Namun ternyata itu bukan ikan lele melainkan ikan beong. Sebagian besar berasal dari kita sudah pasti masih benar-benar asing bersama ikan ini.

Keberadaanya yang terbatas hanya di Sungai Progo yang menajdi keliru satu penyebabnya. Ikan Beong dipilh sebab dangingnya yang padat nan lembut. Kebayang kan? Ketika ikan beong bersama tekstur layaknya itu dimasak gunakan bumbu mangut yang kondang enak dan membuat nagih. Mangut Beong umumnya disediakan bersama bersama nasi hangat.

6. Nasi Penggel

Makanan unik khas Jawa Tengah berikutnya adalah Nasi Penggel. Nama Nasi Penggel berasal berasal dari porses pembuatannya yang mengepal-ngepal nasi menjadi bulat. Nasi bulat-bulat ini bakal disediakan di atas pincuk daun pisang Bersama sayur mayur dan lauk pauk. Sayur yang digunakan adalah sayur nangka atau sayur gori dan daun singkong. Sedangkan lauknya yang dipilih tergolong komplit, layaknya kulit, jeroan sapi, tempe, tahu, selanjutnya disempurnakan bersama melinjo.
Nasi penggel bersama mudah sanggup kamu temukan di Kabupaten Kebumen. Biasanya para pedagang bakal membawa nasi kepal yang sudah disusun sedemikian rupa membentuk tampilan yang benar-benar menarik bersama sayur dan lauk pauk di tengahnya. Satu porsi nasi penggel umumnya berisi 8-10 bulatan nasi.

7. Sego Kucing

Sego kucing bakal benar-benar mudah kamu temui di area Solo, Semarang, dan Jogja. Di tiga kota besar itu sego kucing menjadi menu primadona. Sego Kucing lazimnya dijual di Angkringan. Sego kucing didalam Bahasa Indonesia artinya Nasi Kucing. Disebut Nasi Kucing sebab porsinya yang benar-benar sedikit, tidak cukup lebih satu kepalan tangan orang dewasa.
Nasi bersama porsi sedikit ini berisi lauk pauk bersifat tempe, ikan teri, dan sambel yang dibungkus daun pisang. Beberapa diberi tambahan sayur oseng kacang panjang, sate usus, sate telur puyuh, ceker ayam, atau gorengan. Dengan porsinya yang kecil harga Sego Kucing benar-benar murah meriah, kamu lumayan mengeluarkan Rp1.000 hingga Rp3.000 saja.

8. Garang Asem

iJika kamu tersedia kesempatan datang ke Pati, Kudus, Demak, Semarang, atau Pekalongan kamu harus coba garang asem. Harganya benar-benar terjagkau pada Rp13.000 hingga Rp20.000. Garang asem adalah masakan berbahan dasar ayam potong yang dimasak bersama santan lau dibungkus daun pisang.
Sesuai bersama namanya, kamu bakal medapatkan dua rasa yang bersamaan selagi menyantapnya, rasa pedas yang garang berasal dari cabai dan rasa asem yang nikmat. Garang asem umumnya dimakan bersama bersama nasi panas dan tambahan lauk pauk layaknya telur dadar, gorengan, atau sate-satean.

9. Nasi Gandul

Nasi gandul adalah masakan khas Pati yang mirip bersama nasi uduk. Bedanya, Nasi Gandul punyai rasa yang lebih gurih dan lebih wangi. Nasi Gandul disediakan bersama bersama daging sapi dan kuah segar. Masakan gurih yang satu ini lebih lezat disantap selagi masih hangat-hangatnya. Satu porsi Nasi Gandul sanggup kamu menikmati bersama harga Rp12.000 hingga Rp20.000.

10. Pindang Serani

Pindang Serani merupakan kuliner asal Jepara yang dibikin bersama bahan dasar utama bersifat ikan laut. Ikan laut yang digunakan adalah ikan pindang laut. Bisa dibilang pindang Serani ini semacam sup ikan, yang menghadirkan rasa asem, manis, dan pedas. Rasa asem didapatkan berasal dari pemakaian belimbing wuluh. Beberapa bahan yang menyebabkan pindang serani ini lebih nikmat di antaranya adalah tomat, kemangi, dan daun bawang. Kuahnya yang bening dan segar ini benar-benar cocok sebagai menu makan siang.

11. Nasi Grombyang

Jika kamu ingin mencoba sensasi makan masakan Jawa Tengah beda berasal dari biasanya, Nasi grombyang adalah jawabannya. Nasi grombyang adalah nasi yang disediakan bersama perpaduan lauk daging kerbau yang dimasak kuah. Nasi daging kerbau ini umumnya disediakan didalam sebuah mangkuk. Nama grombyang diambil berasal dari kuahnya yang dituang benar-benar banyak hingga menenggelamkan nasinya.
Jadi selagi dibawa menuju meja makan kuahnya bakal terlihat bergoyang-goyang atau didalam Bahasa Jawa nggrombyang-nggrombyang. Banyak warung-warung kecil di jalanan Kota Pemalang yang menjual nasi grombyang ini. Satu porsi nasi grombyang sanggup kamu menikmati bersama harga Rp15.000 hingga Rp20.000.

12. Tengkleng Gajah

Masakan yang satu ini nggak terbuat berasal dari daging gajah, kok. Dinamai Tengkleng Gajah kaarena porsinya yang jumbo. Kamu sanggup menjumpai banyak pedagang Tengkleng Gajah di area Sleman. Bahan dasar Tengkleng ini adalah daging kambing. Terdapat dua langkah memasak Tengkleng Gajah, dimasak layaknya tongseng kuah dan atau dimasak tengkleng goreng. Dua-duanya membawa rasa yang khas, jikalau kamu ingin yang segar-segar maka tengkleng gajah yang dimasak tongseng kuah adalah pilihan yang tepat.
Satu porsi tengkleng gajah ini terbilang lumayan mahal, yakni kurang lebih Rp30.000 hingga Rp40.000. Namun bersama porsinya yang besar kamu sanggup membeli Tengkleng Gajah ini bersama langkah patungan bersama temanmu. Tengkleng Gajah sanggup dibagi menjadi dua porsi orang dewasa.

13. Sate Ambal

Sebuah area pesisir di Selatan Kabupaten Kebumen bernama Ambal punyai satu makanan khas yang dinamai cocok bersama nama tempatnya. Ya, Sate Ambal adalah makanan khas pesisir Kebumen yang terbuat berasal dari daging ayam pilihan. Yang menjadikan sate ambal teristimewa jikalau dibandingkan bersama sate lainnya adalah bumbu kuningnya. Sate ambal dilumuri bumbu encer berwarna kuning tua nyaris kecoklatan. Sepintas kamu bakal mengira ini Sate Padang. Namun jikalau kamu makan kamu bakal merasakan sensasi yang tak terduga.
Bumbu kuning berasal dari Sate Ambal ini dibikin bersama mengkombinasikan tempe rebus yang sudah ditumbuk hingga halus. Sehingga selagi kamu mencicipi bumbunya bakal terasa tekstur kedelai dan rasa berasal dari tempe yang bakal menyebabkan Sate Ambal ini jadi sempurna. Secara total rasa yang disuguhkan adalah gurih, pedas, dan manis.

14. Sego Godhog

Sego godhog adalah makanan khas Bantul dan Magelang. Dalam Bahasa Indonesia Sego Godhog artinya nasi rebu. Bentuknya mirip bersama Bakmi Kuah Jawa. Tapi bersama porsi nasi yang lebih banyak. Sego godhog dimasak mengunakan bahan dasar bihun, sayuran, suwiran ayam, telur, dan nasi yang kemudian disiram kuah kaldu di atasnya. Kamu sudah sanggup menikmati sego godhog ini bersama harga kurang lebih Rp13.000 hingga Rp17.000. Santap makanan yang satu ini selagi hangat.

15. Lontong Dekem

Nama lontong dekem masih benar-benar asing di telinga lebih dari satu besar orang Indonesia, juga kamu mungkin. Lontong dekem ini berasal berasal dari Pemalang dan terasuk makanan legendaris. Disebut Lontong Dekem sebab langkah penyajiannya yang unik. Lontong bakal disiram gunakan kuah santan kemudian dipindahkan ke area lain selanjutnya disiram kembali gunakan kuah santan begitu setelah itu hingga lontong terendam sempurna. Dalam Bahasa Jawa Pemalang terendam sempurna disebut “dekem”.
Kuah yang digunakan didalam menyebabkan Lontong Dekem dibikin berasal dari bahan dasar bersifat utama santan yang dicampuri bumbu rempah-rempah tertentu agar dihasilkan rasa hangat. Lontong Dekem benar-benar cocok disantap selagi musim hujan, malam hari, atau sore hari.

16. Buntil

Buntil adalah makanan tradisional khas Jawa Tengah yang sudah lumayan kondang di Indonesia. Buntil terbuat berasal dari teri yang dicampur parutan kelapa dan bumbu-bumbu tertentu yang kemudian dibungkus bersama daun pepaya. Setelah terbungkus rapi, buntil bakal dimasukkan ke didalam rebusan air santan. Sebuah literatur menerangkan bahwa di area Laut Tengah, terlebih di lokasi pada Turki dan Yunani terdapat makanan yang mirip bersama buntil ini. Hanya bedanya, mereka membungkusnya gunakan daun anggur muda.
Buntil umumnya dijadikan sebagai lauk makan yang disantap bersama bersama nasi. Makanan ini sanggup kamu temukan banyak dijual di pasar-pasar tradisional. Secara fisik berasal dari luar, buntil bakal terlihat layaknya bothok. Harga buntil ini benar-benar terjangkau, hanya kurang lebih Rp3.000 hingga Rp5.000.

17. Mie Ongklok

Mie Ongklok sudah menjadi semacam primadona bagi para wisatawan yang datang ke Jawa Tengah. Kelezatannya menyebabkan banyak orang terpikat. Racikan bumbu tertentu yang disempurnakan bersama potongan daun kucai dan kol yang sudah turun temurun lebih dari satu generasi ini menjadi kuncinya.
Nama Mie Ongklok ini diambil berasal dari keliru satu alat yang digunakan untuk memasak mie ini. Ongklok adalah area untuk menyimpan mie selagi sistem perebusan. Bentuknya semacam keranjang kecil yang dibikin berasal dari bambu. Alat ini dinamai ongklok sebab selagi sistem merebus, mie bakal digoyang-goyang atau didalam Bahasa Jawa terlihat istilah diongklok-ongklok.
Mie Ongklok bakal dimasak bersama bersama kuah kental. Kekentalan kuah ini didapatkan berasal dari campuran kanji. Mie ongklok umumnya disediakan bersama mengimbuhkan sate sapi, tempe kemul, dan juga keripik sadar untuk memperoleh rasa kriuk.

18. Oseng-Oseng Mercon

Oseng-Oseng Mercon lebih mudah didapatkan di Jogja dan sekitarnya. Cukup bersama Rp15.000 hingga Rp20.000 saja kamu sudah sanggup menikmati lemak, kikil, tulang muda, dan kulit yang dimasak bersama bumbu pedas. Rasa pedas yang begitu super ini bakal menyebabkan lidahmu layaknya terbakar. Itu lah kenapa masakan ini dinamai oseng-oseng mercon. Kamu yang mengaku pecinta kuliner pedas sanagat harus mencobanya. Tapi bagi kamu yang bukan pecinta pedas atau membawa masalah terhadap lambung benar-benar tidak direkomendasikan mencoba makanan yang satu ini.

19.Nasi Goreng Tembakau

Nasi goreng tembakau? Memang nama ini terdengar aneh di telinga banyak orang. Temanggung memang luar biasa bersama sajian Nasi Goreng Tembakaunya. Bahan dasarnya tentu saja bukan anggota daun tembakau yang biasa digunakan untuk rokok, tapi biji tembakau.
Cara memasak nasi goreng tembakau ini mirip bersama nasi goreng lainnya. Tambahan rempah biji tembakau ke didalam bumbu nasi goreng ini menghasilkan aroma yang benar-benar menggugah selera. Harga satu porsinya juga tergolongg standart kurang lebih Rp14.000 hingga Rp17.000.

20. Tempe Mendhoan

Seperti tak tersedia orang di Pulau Jawa yang tidak mengenal tempe mendhoan. Sekilas tempe ini bakal terlihat mirip bersama tempe terhadap umumnya. Hanya saja yang membedakan, Tempe mendhoan punyai ukuran yang lebih besar dan tipis. Sebelum di goreng didalam minyak panas, Tempe Mendhoan bakal dilumuri bersama tepung yang sudah dicampur bumbu penyedap dan irisan daun seledri. Dengan begitu rasa tempe yang satu ini bakal lebih nikmat dibandingkan tempe biasa.
Biasanya tempe mendhoan dimakan bersama cabai rawit dan kecap manis khas pedagang Tempe Mendhoan. Satu lembar tempe mendhoan umumnya dihargai kurang lebih Rp1.500 hingga Rp2.500. Diketahui bahwa Tempe Mendhoan ini berasal berasal dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

21. Nopia

Sumber gambar: instagram.com/puputtryas12Kalo kamu datang ke area Jawa Tengah gunakan bus, kamu tentu menemukan pedagang asongan yang menjual nopia. Sekilas jajanan yang satu ini benar-benar mirip bersama Kue Pia. Namun ternyata berbeda, sebab mopia dibikin berasal dari adonan tepung terigu yang didalamnya diisi gula merah kemudian dimatangkan bersama langkah dipanggang.
Nopia dipanggang gunakan tungku tertentu bersifat layaknya tong yang terbuat berasal dari tanah liat. Adonan nopia yang sudah diisi gula merah selanjutnya ditempelkan di dinding-dinding tong tersebut.Makanan Khas Jawa Tengah
Seiring berkembangnya zaman, nopia hari ini punyai lebih banyak beraneka varian rasa mudali berasal dari coklat, keju, durian, dan lain-lain. Dikembangkan pula Mino, singkatan berasal dari Mini Nopia. Nopia berukran kecil yang imut dan renyah apabila dimakan. Rasanya yang manis dan gurih benar-benar nikmat apabila dimakan sore hari bersama teh panas.

22. Getuk Goreng

Gethuk sudah pasti sudah menjadi jajanan tradisional yang melegenda di Nusantara. Terbuat berasal dari singkong yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi jajan empuk dan nikmat. Biasanya getuk dimasak bersama langkah dikukus. Namun lain halnya bersama gethuk yang satu ini yang dimasak bersama langkah digoreng.

Proses menggoreng ini lah yang menjadikan Gethuk Goreng punyai rasa yang tak hanya manis tapi juga gurih. Rasa manis berasal dari gula jawa yang khas menyebabkan Getuk Goreng jadi nikmat, agar menjadi incaran wisatawan yang datang ke Jawa Tengah.

23. Warung Burjo

Burjo adalah singkatan berasal dari bubur kacang ijo. Sesuai bersama namanya, sajian utama berasal dari warung burjo adalah bubur kacang ijo. Namun tak hanya itu, burjo juga menjual beraneka olahan mie instan. Mie instan diolah menjadi beraneka sajian yang variatif bersama harga terjangkau. Maka burjo seringkali menjadi area makan favorit para mahasiswa. Menariknya, yang berjualan burjo di semua Jogja dan sekitarnya adalah orang sunda. Entah asal usul warung burjo ini layaknya apa, agar yang berjualan justru orang sunda.
Menu masakan yang paling kondang di warung burjo adalah Magelangan. Sesuai bersama namanya, resep yang satu ini berasal berasal dari Magelang. Magelangan adalah nasi goreng bersama bumbu khas burjo yang dicampur bersama mie instan, umumnya ditambahi sayur sawi dan telur ceplok sebagai pelengkap. Tentunya mahasiswa yang menuntut ilmu di Jawa Tengah atau Jogja tentu pernah merasakan nikmatnya masakan burjo.

24. Dawet Ireng

Jika disebut Dawet tentu langsung terbayang segarnya minuman es yang satu ini, kan. Paling enak menghilangkan haus selagi siang terik matahari bersama minum Es Dawet. Jawa Tengah memang asalnya minuman berwarna hijau segar ini. Namun sadar kah kamu jikalau Jawa Tengah juga membawa Dawet yang berwarna Hitam. Warna hitamnya yang pekat didapatkan berasal dari pewarna alami abu jerami. Abu jerami ini mirip sekali tidak bakal memengaruhi rasa berasal dari Es Dawet Ireng.

25. Angkringan

Angkrigan adalah warung kopi khas Jawa Tengah yang juga berjualan gorengan, sate-sate, dan nasi kucing. Angkingan masih gunakan arang untuk merebus air dan membakar sate-sate, ini yang menyebabkan semua menu di angkringan sanggup dijual bersama harga yang murah. Pelanggan angkringan duduk lesehan beralaskan terpal, menikmati angin malam yang sepoi-sepoi.
Sangat direkomendasikan membuat kamu untuk datang ke Angkringan Kopi Jos. Angkringan yang satu ini menjual kopi yang disediakan bersama arang panas di didalam cangkrinya. Ketika arang di masukkan ke didalam kopi bakal menghasilkan bunyi “jos”. Sensasi minum kopi arang panas ini menjadi kekuatan tersendiri bagi wisatawan.Makanan Khas Jawa Tengah
Buat kamu yang rela cobain makanan khas Jawa Tengah tadi langsung di kota asalnya. Segera atur jadwal keberangkatanmu dan beli tiket perjalananmu di travel agent online lewat ShopBack. Nikmati banyak promo dan cashback-nya di sana. Pasti perjalananmu bakal hemat banget.