makanan khas cilacap
makanan khas cilacap

Makanan Khas Cilacap: Kuliner Yang Terkenal Enak & Bikin Ketagihan!

Posted on

makanan khas cilacapBeriwisata ke suatu daerah tidak bakal lengkap tanpa mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Salah satunya adalah kuliner khas di Jawa Tengah yang mempunyai aneka macam menu tradisional yang cukup beragam.
Jawa Tengah merupakan sebuah lokasi provinsi di Pulau Jawa yang terdiri dari lebih dari satu kota dan kabupaten denganmenu khasnya masing-masing.
Saat berada di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah kamu bakal mendapatkan bermacam hidangan khas Cilacap, demikian juga saat kamu datang ke Solo, Wonosobo, Salatiga, Kudus, Banyumas, dan lebih dari satu lokasi lainnya di Jawa Tengah.

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Terkenal

Sebagai referensinya selanjutnya ini adalah lebih dari satu style makanan khas Jawa Tengah yang bisa kamu cicipi kelezatannya pas berwisata ke lebih dari satu daerah di provinsi Jawa Tengah.

1. Nasi Liwet Solo

Di urutan pertama ada nasi liwet Solo yang udah benar-benar tenar bersama cita rasa gurihnya yang menggoda. Rasa gurih nasi liwet ini berasal dari proses pengolahannya yang memakai santan.

Biasanya hidangan tradisional ini dihidangkan bersama sayur labu bersama kuah santan kental, suwiran ayam dan juga areh. Tekstur nasi liwet yang pulen dan gurih mulai tambah nikmat pas dihidangkan di atas pincuk daun pisang.

Tidak heran kalau hidangan ini menjadi keliru satu menu kuliner khas Jawa Tengah yang ngangenin. Sebagai menu andalan yang begitu melegenda, sajian ini bisa bersama gampang ditemukan di bermacam lokasi di Surakarta.

Salah satunya adalah Nasi Liwet Bu Wongso yang udah berdiri sejak tahun 1950-an. Letaknya di Jalan Teuku Umar, Keprabon Kulon, Banjarsari, Surakarta.

Rekomendasi lainnya adalah Nasi Liwet Bu Sri yang terletak di Pasar Gede, tepatnya di Jalan Honggowongso No. 107, Sriwedari, Laweyan, Surakarta.

2. Nasi Gandul

Masih bersama menu nasi, di Pati Jawa Tengah terkandung sajian khas yang tenar bersama sebutan nasi gandul. Menu bersama nama yang cukup unik ini menawarkan cita rasa yang menggugah selera.

Nasi putih dihidangkan bersama kuah kecoklatan bersama irisan daging sapi, lidah, ataupun jeroan sesuai selera. Sekilas rasanya mirip bersama perpaduan rawon, soto, dan gulai.

Untuk nikmati seporsi nasi gandul bersama cita rasa aslinya, kamu bisa datang ke Warung Nasi Gandul Pak Meled yang udah berjualan sejak tahun 1955. Lokasinya ada di Jalan Panunggulan, Desa Gajahmati, Kecamatan Pati, Pati, Jawa Tengah.

3. Gudeg Semarang

Gudeg dikenal sebagai makanan khas Jogja, tapi di Jawa Tengah pun ada gudeg yang tak kalah menggugah selera.

Berbeda bersama gudeg Jogja yang bercita rasa manis, gudeg Semarang lebih menonjolkan rasa pedas. Menu ini kebanyakan dihidangkan bersama kerecek pedas, daun singkong, koyor, opor ayam, dan areh kental.

Untuk mencicipi kelezatan gudeg ini kamu bisa datang ke Gudeg Abimanyu yang berada di Jalan Abimanyu VII No. 6, Semarang, Jawa Tengah.

4. Timlo Solo

Hidangan bersama kuah yang kaya rempah ini menjadi keliru satu menu harus yang harus kamu cicipi pas datang ke Solo.

Kuah kaldu pada sajian ini dilengkapi bersama irisan daging ayam kampung, keripik kentang, mie soun, dan juga sosis Solo yang menyebabkan cita rasanya tambah menggoda.

Untuk nikmati semangkuk timlo, sempatkan datang ke Warung Timlo Solo Sastro atau Timlo Balong yang udah berdiri sejak tahun 1952, lokasinya berada di Pasar Gede.

Rekomendasi lainnya adalah Timlo Kwali Mangkunegaran yang terletak di Jalan Raden Mas Said No. 9, Banjarsari, Surakarta.

5. Brekecek Pathak Jahan

Sajian lezat ini merupakan makanan khas dari Cilacap, Jawa Tengah. Sekilas tampilannya mirip rica-rica bersama kuah kuning kemerahan yang cukup kental. Bahan utamanya adalah ikan laut style ikan jahan gara-gara diakui memiki cita rasa yang khas.

Dinamakan bersama brekecek pathak jahan gara-gara proses pengolahanya yang dilaksanakan bersama cara seolah menjatuhkan (brek) kepala (pathak) ikan jahan dalam kuah bercampur bumbu rempah yang udah mendidih.

Meskipun tenar bersama nama brekecek pathak jahan, tapi lebih dari satu style ikan layaknya ikan lumadang dan ikan abangan juga umum digunakan sebagai bahan utamanya. Bahkan di lebih dari satu daerah sajian ini juga memakai udang, cumi, ayam, dan entog sebagai bahan utamanya.

Seporsi brekecek pathak jahan bisa kamu dapatkan di Rumah Makan Brekecek Pathak Jahan Bu Widi yang terletak di Jalan Slamet No. 5, Cilacap, Jawa Tengah.

Rekomendasi lainnya adalah Rumah Makan Brekecek Pathak Jahan di Jalan Teri No. 1, Cilacap, dan di Jalan Menteri Supeno No. 23, Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah.

6. Lentog Tanjung

Beralih ke lokasi Kudus, Jawa Tengah, kamu bisa coba kuliner khasnya yang dikenal bersama sebutan lentog tanjung. Olahan khas Kudus ini terdiri dari irisan lontong, sayur gori atau nangka muda yang dicampur bersama opor mengetahui dan taburan bawang goreng.

Buat yang puas rasa pedas bisa mengimbuhkan sambal dan cabai matang agar lebih menggugah selera.

Menu sarapan ini kebanyakan dihidangkan di atas piring yang udah dialasi daun pisang agar membuahkan cita rasa yang lebih nikmat. Tersedia juga tempe bacem, sate telur puyuh, dan juga kerupuk sebagai lauk tambahan.

Untuk nikmati keunikan rasa lentog tanjung kamu bisa datang langsung ke Lentog Tanjung Bu Noor Gatin yang terletak di Jalan Sentot Prawirodirjo, Tanjung Utara, Tanjung Karang, Jati, Kudus, Jawa Tengah.

Rekomendasi lainnya adalah di Lentog Tanjung yang berada di Demangan, Kecamatan Kudus, Kudus, Jawa Tengah.

7. Mie Ongklok

Beralih ke Wonosobo, Jawa Tengah, di daerah ini terkandung satu kuliner khas yang tenar bersama sebutan mie ongklok.

Olahan mie rebus ini diracik dalam sebuah mangkok bersama tambahan kuah kental berkanji, daun kucai dan juga irisan kol. Menu mie ini kebanyakan dihidangkan bersama sate sapi dan tempe kemul khas Wonosobo.

Untuk mencicipi semangkuk mie ongklok yang menggugah selera, kamu bisa datang ke Warung Mie Ongklok Longkrang yang terletak di Jalan Pasukan Ronggolawe No. 14, Longkrang, Wonosobo.

Rekomendasi lainnya adalah Mie Ongklok Bu Umi yang berada di Jalan Masjid, Kauman Utara, Wonosobo dan Mie Ongklok Tosari di Jalan Raya Dieng, Kalianget, Wonosobo.

8. Nasi Grombyang

Berkunjung ke Pemalang tidak bakal lengkap tanpa mencicipi keunikan rasa dari nasi grombyang yang menggugah selera.

Kuah nasi grombyang nyaris mirip bersama rawon tapi tidak sekental rawon, cita rasanya gurih bersama aroma yang begitu sedap. Biasanya nasi grombyang terdiri dari nasi, suwiran daging sapi, daun bawang dan kuah kaldu.

Seporsi nasi grombyang yang menggoda bisa kamu dapatkan di Warung Nasi Grombyang Pak H. Warso yang terletak di Jalan R.E. Martadinata, Pelutan, Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Rekomendasi lainnya adalah Nasi Grombyang Pak Waridin yang berada di Jalan Gatot Subroto, Kebondalem, Bojongbata, Pemalang, Kabupaten Pemalang.

9. Getuk Goreng

Jajanan manis khas Sokaraja, Banyumas ini udah benar-benar tenar di kalangan wisatawan gara-gara menjadi keliru satu style oleh-oleh yang banyak dibeli pas berwisata ke lebih dari satu lokasi di Jawa Tengah.

Berbeda dari getuk pada umumnya, getuk dari daerah ini digoreng agar membuahkan cita rasa yang lebih renyah pada anggota luarnya. Cita rasa getuk goreng yang gurih manis bersama tekstur sedikit kenyal benar-benar pas dinikmati bersama secangkir teh atau kopi.

Tidak sulit mendapatkan jajanan khas ini gara-gara banyak dijual di toko oleh-oleh. Salah satunya ada di Getuk Goreng Asli H. Tohirin 1 yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Sokaraja Tengah, Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah.

10. Enting-Enting Gepuk

Jajanan khas Salatiga, Jawa Tengah ini mempunyai cita rasa yang manis, renyah, dan gurih, benar-benar pas membuat menemani secangkir teh tawar di sore hari. Jajanan tradisional ini kebanyakan bersifat prisma segitiga dan diproduksi secara tradisional dalam skala industri rumah tangga.

Untuk nikmati manisnya enting-enting gepuk sambil lihat proses pembuatannya secara langsung kamu bisa datang ke daerah mengolah Enting-Enting Gepuk “Klenteng & 2 Holo” yang berada di Jalan Kali Bodri No. 37, Salatiga, Jawa Tengah atau Enting-Enting Gepuk “Naga Mas” di Jalan Semeru No. 17, Salatiga, Jawa Tengah.

11. Nasi Penggel

Makanan khas dari Kebumen, Jawa Tengah ini umum disantap sebagai menu sarapan pagi. Menu ini menyajikan nasi kepal bersifat bulat seukuran bola pingpong. Kamu bisa menyita sendiri nasi bulat yang udah dihidangkan di dalam bakul dan menempatkannya di wadah pincuk daun pisang.

Nasi penggel dihidangkan bersama kuah sayur dan lauk sebagai pelengkapnya. Biasanya sayur yang digunakan adalah sayur lodeh yang terdiri dari nangka muda, daun singkong, melinjo, tahu, dan tempe.

Selain sayur, menu nasi ini juga ditambahkan bersama lauk layaknya kikil dan jeroan sapi, serta tidak ketinggalan tempe mendoan yang gurih.

Seporsi nasi penggel yang begitu legendaris bisa kamu nikmati di Nasi Penggel Pak Melan yang berada di Jalan Raya Sokka, Depok, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

12. Sate Ambal

Masih bersama kuliner khas Kebumen, kamu bisa mencicipi sensasi rasa yang cukup unik dari sate ambal yang dihidangkan bersama bumbu tempe.

Bumbu tempe pada sate berbahan daging ayam ini bisa mengimbuhkan sentuhan rasa gurih, manis, dan pedas yang menggoda gara-gara udah dibumbui bersama aneka rempah di dalamnya.

Meskipun cita rasa daging ayam pada sate ini udah lezat gara-gara sebelum dibakar direndam bersama aneka bumbu dan rempah, tapi perpaduan rasanya tambah istimewa saat disantap bersama bumbu tempe dan lontong.

Untuk nikmati rasa sate ambal yang cukup legendaris ini kamu bisa datang ke Warung Sate Ambal Pak Kasman Asli yang merupakan generasi penerus dari Samikin yang pertama kali mengenalkan sate ambal. Letaknya di Jalan Raya Deandles, Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal, Kebumen, Jawa Tengah.

Rekomendasi lainnya adalah Rumah Makan Sate Ambal Babe di Jalan Ambal-Petanahan, Yuda, Munggu, Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

13. Nasi Megono

Jika di Kebumen ada nasi penggel yang terkenal, maka di Pekalongan ada nasi megono yang tak kalah menggoda. Menu nasi yang satu ini dihidangkan bersama urap nangka muda, terik mengetahui dan tempe, irisan timun, empal kelem dan sambal tauco.

Kombinasi rasa yang begitu lengkap dari gurihnya santan terik, bumbu kelapa pada urap yang pedas, aroma tauco yang nikmat, hingga daging berbumbu kelem yang tak kalah lezat. Setiap suapan nasi megono mulai begitu nikmat di mulut.

Satu porsi sego megono yang enak dan mengenyangkan bisa kamu nikmati di Rumah Makan Tjukup yang berada di Jalan Manggis No. 10, Sampangan, Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Atau di Lesehan Nasi Megono Ibu Suli yang terletak di Jalan Jeruk No. 30B, Sampangan, Pakalongan Timur, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

14. Ketupat Glabed

Ketupat glabed merupakan keliru satu makanan khas yang tenar di Tegal, Jawa Tengah. Sajian ketupat yang cukup sederhana ini terdiri dari irisan ketupat dan tempe goreng yang disiram bersama kuah glabed yang kental.

Sebagai pelengkapnya, menu ini juga ditambahkan bersama kerupuk mie, taburan bawang goreng, dan sate ayam atau sate kerang. Untuk mengimbuhkan rasa pedas bisa dilengkapi bersama sambal sesuai selera.

Sensasi rasa ketupat glabed yang begitu otentik bisa kamu nikmati di Kupat Glabed Randugunting yang berada di Randugunting, Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah.

Rekomendasi lainnya adalah Kupat Glabed Spesial Khas Ibu Nunung di Jalan Merpati No. 88A, Randugunting, Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah.

15. Sego Tewel

Sesuai bersama namanya sego tewel merupakan hidangan nasi khas Pati yang dihidangkan bersama sayur nangka muda. Dalam satu porsi sego tewel kebanyakan terdiri dari nasi, sayur nangka muda, dan tempe goreng. Tambahan lainnya bersifat kerupuk atau peyek.

Tampilan sego tewel terlihat tambah sederhana gara-gara dihidangkan bersama alas daun jati yang menyebabkan aroma dan rasanya tambah nikmat. Meskipun tampilannya “ndeso” tapi cita rasanya istimewa dan membuat kangen.

Seporsi sego tewel nan lezat bisa kamu dapatkan di Warung Sego Tewel Pedes di Jalan Kayen-Tambakromo, Ngarang, Tambakromo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

16. Brongkos

Hidangan khas dari Kendal ini mempunyai cita rasa yang unik dan gurih bersama kuah coklatnya yang menarik. Kuah coklat dari Brongkos berasal dari kluwak, mirip layaknya pada masakan rawon. Perbedaannya terletak pada bumbu dan bahan pelengkapnya.

Karena dalam menu brongkos ini memakai kuah santan agar secara tampilan lebih kental. Meskipun sama-sama memakai daging sapi, tapi brongkos juga ditambahkan bersama kacang tholo, kulit mlinjo, mengetahui dan cabe rawit utuh agar isiannya lebih banyak.

Dengan terdapatnya cabe utuh kamu tidak harus sambal lagi kalau idamkan meraih sensasi pedas pada brongkos ini, tinggal di “ceplus” saja atau dipotong-potong memakai sendok. Dijamin pedasnya nendang!

Kenikmatan rasa dari brongkos ini bisa kamu dapatkan di Warung Ijo Bu Kaji yang berada di Sudagaran, Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Atau di Brongkos Kikil Bu Topo yang terletak di Jalan Parakan-Sukorejo No. 15, Sudagaran, Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

17. Sate Kempleng

Olahan sate berbahan daging sapi yang tenar bersama sate kempleng Ungaran ini merupakan keliru satu kuliner yang tenar di Semarang, Jawa Tengah.

Ciri khas dari sate ini adalah tekstur daging sapi yang empuk gara-gara memakai teknik spesifik yang udah diwariskan secara turun temurun.

Selain daging sapi diungkep terlebih pernah bersama bumbu rempah dan gula aren asli, rupanya daging yang digunakan adalah anggota has dalam layaknya pada menu steak. Selain itu cara pemotongan daging menyamping mengikuti seratnya agar tidak alot dan gampang untuk digigit.

Menu sate legendaris yang lezat ini bisa kamu nikmati di Sate Sapi Pak Kempleng Bu Hartini yang berada di Jalan Diponegoro No. 274, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah.

18. Sego Thiwul

Kuliner jadul khas Wonogiri ini mempunyai cita rasa unik yang membuat kangen, benar-benar sesuai membuat nostalgia atau sekedar flashback bersama kuliner tempo doeloe.

Hidangan yang terbilang “ndeso” ini terbuat dari gaplek atau singkong kering yang ditumbuk dan kemudian dikukus hingga matang.

Sego thiwul kebanyakan dihidangkan bersama cabuk, yakni sejenis sambal yang terbuat dari campuran wijen sangrai, bawang merah, bawang putih, cabe rawit merah, serta sedikit garam dan gula.

Perpaduan rasa yang unik pada sego thiwul bersama cabuk mulai pecah di mulut, benar-benar khas dan tentu saja membuat kangen. Menu ini juga bisa disantap bersama aneka lauk untuk tingkatkan kenikmatan rasa di dalamnya.

Seporsi sego thiwul nan eksotis bisa kamu nikmati di Ndasndus Sego Thiwul Bu’Parmi yang berada di Dusun II, Kenteng, Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Kamu juga bisa nikmati sego thiwul di Pondok Degan Wonogiri yang terletak di Dungklepu Kulon, Giritontro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

19. Sego Gudang/Gudangan

Gudangan merupakan keliru satu menu tradisional yang tenar di Jawa Tengah gara-gara sering dihidangkan dalam bermacam acara dan hajatan, atau istilahnya “bancakan”.

Hampir mirip bersama urap, gudangan juga memakai bermacam macam style sayuran di dalamnya.

Bumbu gudangan lebih dominan rasa bawang putih dan kencurnya agar aromanya benar-benar khas. Kelapa parut yang udah dibumbui kemudian dikukus dan dicampurkan bersama aneka sayuran. Gudangan bisa disantap bersama nasi, tempe mendoan, telur rebus, dan lempeng legendar.

Sego gudang yang nikmat bisa kamu dapatkan di Sego Gudang “Bu Jan” yang berada di Karanganom, Sidorejo, Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

20. Lontong Dekem Pemalang

Makanan khas dari Pemalang, Jawa Tengah ini mempunyai cita rasa nikmat yang istimewa gara-gara racikan bumbu pada kuahnya kaya bakal rempah.

Menu ini terdiri dari irisan lontong dan suwiran daging bebek yang kemudian disiram bersama kuah santan kuning yang gurih, taburan serundeng dan bawang goreng. Lontong dekem juga umum dihidangkan bersama sate ayam yang terdiri dari dua style yakni sate kering dan sate berkuah serta kerupuk mie yang legendaris.

Menu lezat ini bisa kamu nikmati di Lontong Dekem yang berada di Jalan Piere Tendean, Alun-alun Pemalang atau di Jalan RE. Martadinata, Pemalang, Jawa Tengah.

21. Wingko Babat Semarang

Kudapan manis nan legit khas Semarang ini benar-benar sesuai membuat camilan di sore hari bersama secangkir teh tawar. Jajanan tradisional ini terbuat dari tepung ketan, parutan kelapa muda, santan, margarin, dan gula.

Rasa wingko babat yang legit dan khas menyebabkan panganan ini banyak diburu sebagai olah-oleh.
Untuk mendapatkannya kamu bisa menuju ke toko oleh-oleh yang ada di Semarang.

Salah satunya adalah Wingko Babat Pak Moel yang terletak di Jalan Pekunden Tengah No. 1110, Pekunden, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.