Jenis Ayam
Jenis Ayam

Jenis Ayam Yang Harus Kamu Ketahui ! Jangan Salah Pilih

Posted on

Jenis AyamBagi Anda yang hobi memelihara ayam atau gemar adu ayam, ras ayam Bangkok tentu tak terdengar asing di telinga. Dikenal sebagai ayam jagoan karena miliki sejumlah keistimewaan dibanding jenis lain.

Ayam Bangkok miliki postur tubuh gagah. Banyak pengagum ayam menjadikannya sebagai koleksi hewan peliharaan. Oh ya, satu ulang ibarat manusia, ayam jenis ini miliki pembawaan pantang menyerah dan tangguh. Pantas saja sering menjadi andalan atau jagoan di dalam kegiatan adu ayam.

Soal perawatan ayam Bangkok, gak kesulitan kok. Makanya, tidak sedikit orang yang memelihara ayam Bangkok, baik sebagai koleksi unggas peliharaan atau jagoan adu ayam. Kalau sudi jelas lebih banyak tentang seluk beluk ras ayam unggulan ini, yuk liat penjelasannya seperti Cermati.com rangkum berasal dari beraneka sumber.

Ayam Bangkok

Darimana Asal Ayam Bangkok?

Sesuai dengan namanya, ayam Bangkok adalah jenis ayam asli berasal dari Thailand. Namun ayam ini tidak begitu saja hidup di alam liar. Kehadiran ayam Bangkok ini sesungguhnya bermula berasal dari usaha warga setempat yang mendapatkan jenis ayam jago baru. Kemudian diberi nama King’s Chicken.

Karena miliki gerak yang cepat dan kekuatan besar ketika bertarung, pedagang China yang berada di Negeri Gajah Putih ini tertarik dengan ayam jago tersebut. Bahkan, tak sedikit warga China menjuluki ayam berikut dengan sebutan Leung Hang Zhao. Ayam ini selanjutnya tenar terhadap masanya hingga ke Negeri Tirai Bambu.

Ayam Bangkok lantas tenar di China. Masyarakat setempat berupaya untuk mendapatkan bibit ayam aduan dengan kualitas bagus. Salah satu caranya dengan mengawin-silangkan ayam asli China dengan ayam Bangkok. Akhirnya, jenis ayam baru berhasil ditemukan. Kekuatannya setara dengan ras ayam Bangkok.

Bagaimana dengan di Indonesia? Di Tanah Air, ayam Bangkok pertama kali dikenal di Jawa Timur. Tepatnya di Kota Tuban. Ayam jenis ini begitu perkasa supaya mulai mulai diminati lebih dari satu besar penduduk Indonesia yang hobi memelihara ayam.

Sama halnya dengan yang berlangsung di China, ayam Bangkok di Indonesia termasuk seringkali dikawin-silangkan guna mendapatkan bibit ayam memiliki kwalitas unggulan. Inilah yang membuat ayam Bangkok di Tanah Air miliki tampilan sedikit berbeda dengan ayam Bangkok asli Thailand.

Meski penampilannya beda, ayam Bangkok di Indonesia gak kalah jago. Saat tersedia kegiatan sabung ayam, gerakan ayam Bangkok ini lumayan mematikan lawan. Itulah kenapa ayam Bangkok digandrungi para pencintanya di semua Indonesia.

Keunggulan Ayam Bangkok

Dikenal sebagai ras ayam jagoan, ayam Bangkok miliki beberapa ciri berbeda dengan ayam jenis lain.

  1. Ayam Bangkok sehat miliki ukuran tubuh besar dan postur tegap
  2. Matanya nampak cerah pas dicermati secara langsung
  3. Memiliki leher panjang
  4. Berjengger rose dan pial pendek berwarna merah
  5. Paruh ayam Bangkok berwarna kuning, nampak lebih panjang dan tebal
  6. Kaki ayam Bangkok nampak bulat dan kering
  7. Sisiknya berwarna kuning dan nampak rapi
  8. Bobot atau beratnya antara 3-4 kg pas dewasa.

Dengan beberapa ciri di atas, ayam Bangkok dapat bergerak lincah, cepat ketika adu ayam. Pukulan ayam Bangkok terlampau keras dan mematikan lawannya. Bukan hanya manusia saja yang cerdas, ayam Bangkok pun dikenal miliki tingkat kecerdasan yang oke supaya membuatnya lebih unggul ketika bertarung.

Tak heran, ayam Bangkok menjadi primadona. Banyak yang membelinya sebagai hewan peliharaan. Pantas saja harga ayam aduan ini mahal, dapat mencapai jutaan rupiah per ekornya untuk ayam Bangkok memiliki kwalitas baik.

Jenis-jenis Ayam Bangkok

Dengan maraknya perkawinan-silang ayam Bangkok untuk mendapatkan bibit unggul, berikut ini lebih dari satu jenis ayam Bangkok berdasarkan corak serta warna bulunya:

  1. Ayam Bangkok Wiring

Berwarna basic hitam, warna bulu rawis kemerahan, ekor kuning kemerahan. Jenis ini mungkin seringkali Anda lihat di daerah umum.

  1. Ayam Bangkok Wangkas

Warna basic kuning kemerahan atau keemasan berasal dari tubuh hingga rawisnya.

  1. Ayam Bangkok Klawu, Jragem, dan Putih.

Ayam Bangkok Klawu berwarna asli abu-abu dengan campuran warna lain, seperti, hitam, merah, maupun kuning gading. Untuk jenis Jragem, berwarna basic hitam terhadap bulunya.

  1. Ayam Bangkok Jali

Disebut termasuk dengan nama Ayam Blirik karena bulunya yang berbintik-bintik dengan warna putih, hitam, dan merah.

  1. Ayam Bangkok Blorok

Hampir sama dengan ayam Bangkok jenis Jali. Kalau Jali miliki corak bintik-bintik rapi, Ayam Bangkok Blorok justru mengarah ke corak totol-totol dengan dominasi warna putih.

Ayam Bangkok Blorok dibedakan ulang menjadi 2 jenis, yaitu Blorok biasa dan Blorok Madu. Karena miliki tambahan kombinasi warna merah dan hijau, Ayam Bangkok Blorok Madu lebih banyak dicari ketimbang Blorok biasa.

Di pasaran, harga ayam Bangkok terbilang lumayan mahal. Kalau ayam Bangkok memiliki kwalitas tinggi, dapat dibanderol belasan atau puluhan juta rupiah per ekor. Untuk anak ayam Bangkok berusia 2 minggu, harganya sekitar Rp200 ribu per ekor. Sedangkan yang umurnya tidak cukup berasal dari 6 bulan, dihargai Rp300-600 ribu per ekor.

Jika sudi yang harganya lebih terjangkau, ayam Bangkok hasil persilangan dengan ayam lokal jauh lebih murah. Selisihnya 1/2 harga berasal dari ayam Bangkok asli berasal dari Thailand. Sebetulnya kalau sudi beli ayam Bangkok dewasa dengan harga murah, menentukan yang belum pernah dilatih untuk sabung ayam. Itu harganya Rp1 juta per ekor.

Namun kalau sudah terbukti pernah ikut tanding sabung ayam, miliki corak unik, harga ayam Bangkok mencapai Rp12 juta per ekor. Apalagi kalau pernah menjadi jawara pertandingan, harganya dapat lebih berasal dari itu. Bahkan tersedia yang menjajakan seharga Rp450 jutaan hingga miliaran rupiah. Wow, mengagumkan ya.

Ternyata ayam Bangkok bukan hanya dipersiapkan sebagai petarung tangguh di dalam kegiatan adu ayam maupun hewan peliharaan, tetapi tersedia yang bela-belain memelihara ayam Bangkok untuk dikonsumsi.

Di lebih dari satu wilayah, Ayam Bangkok jadi menjadi santapan. Memasak ayam Bangkok untuk lauk pauk di meja makan. Ayam Bangkok diolah untuk menu hidangan soto, ayam goreng, dan masih banyak lainnya.

Jadi jangan kaget ya, kalau tersedia daerah makan atau restoran yang menyajikan menu makanan berbahan baku ayam Bangkok.

Petimbangkan sebelum Membeli

Bagi para pencinta ayam, tentu dambakan miliki koleksi peliharaan ayam Bangkok. Siapa jelas kalau dirawat, dapat untuk investasi. Dijual ulang dengan harga tinggi. Namun sebelum membeli, tentu pertimbangkan ulang dengan kekuatan finansial.

Kalau hobi memelihara ayam, tetapi gaji pas-pasan, sebaiknya tak harus dipaksakan. Atau Anda dapat belanja ayam Bangkok dengan harga murah. Jika dambakan sekali membeli, solusinya dengan menabung tanpa mengorbankan pengeluaran untuk keperluan primer, seperti bayar cicilan rumah, tagihan listrik dan air, cicilan utang kartu kredit, hingga dana darurat.

Ayam Broiler

Pengertian ayam Broiler atau yang disebut terhitung ras pedaging (broiler) merupakan ayam pedaging yang mengalami perkembangan terlampau pesat. Pada style ayam broiler mengalami perkembangan yang terlampau pesat sebagai penghasil daging didalam mencukupi keperluan masyarakat. Ayam yang banyak dipelihara untuk dimanfaatkan dagingnya ini merupakan ayam yang dihasilkan berasal dari hasil perkawinan silang antara beraneka style ayam yang punyai produktifitas yang tinggi.

Pengertian ayam broiler menurut para pakar salah satunya Dahlan Ayam Broiler merupakam salah satu style unggas yang berguna karena ayam ini mempu mencukupi penyediaan pada bahan makanan sekaligus mencukupi hewani tinggi.

Salah satu mengapa peternak banyak yang membudidayakan ayam broiler yakni untuk dimanfaatkan dagingnya, untuk dimanfaatkan telurnya terhitung dipelihara hanya untuk kesenangan baik berasal dari faktor keindahan maupun pada bentuknya. Keunggulan pada ayam broiler yang didalam pertumbuhannya berlainan berasal dari style ayam lain yakni punyai perkembangan yang terlampau cepat bersama punyai berat badan serta tinggi badan didalam pas yang relatif pendek serta bisa menghasilkan kualitas daging yang baik. Ayam Broiler jantan maupun ayam broiler betina pada Indonesia yang dipanen pada umur 5-6 minggu bersama berat 1,3-1,6 kg yang di ternakkan secara intensif manfaat beroleh daging yang optimal.

Jika diamati berasal dari wujud fisiknya ayam broiler memang punyai postur tubuh yang berlainan bersama style ayam pada umumnya.

Berikut merupakan ciri ciri ayam broiler atau ayam pedaging:

Memiliki bulu yang mengkilap dan punyai persentase lemak yang tinggi pada susunan bawah

Warna daging ayam broiler lebih cerah

Tekstur dagingnya yang kenyal

Serta Ayam Broiler punyai bulu yang tebal.

Seiring bersama perkembangan zaman untuk pas ini ayam broiler mengalami perkembangan yang signifikan, Ayam broiler sebagai ayam pedaging yang berasal dari pas kewaktu mengalami peningkatan dan mengalami pertambahan bobot yang terlampau cepat atau pergantian genetik yang didalam pemanenan yang semula bersama berat 1,3-1,6 kg didalam 35 hari yang berlainan pada pas ini yang hanya didalam membutuhkan pas selama 30 hari bisa memanen ayam broiler bersama berat yang sama pula.

Ayam Broiler punyai perkembangan yang lumayan pesat, bersama cepatnya perkembangan menyebabkan banyak berasal dari peternak yang memilih ayam broiler untuk di ternakan sebagai ayam penghasil daging

Ayam Broiler punyai perkembangan yang lumayan pesat, bersama cepatnya perkembangan menyebabkan banyak berasal dari peternak yang memilih ayam broiler untuk di ternakan sebagai ayam penghasil daging

Berikut merupakan 3 style ayam broiler yang berkembang di Indonesia :

Cobb

Untuk pas ini style ayam broiler cobb merupakan style ayam broiler yang bisa dibilang paling populer. Jenis ayam broiler cobb ini terhitung bisa dikatakan sebagi style ayam yang mudah beradaptasi bersama lingkungan tropis.

Ross

Jenis ayam broiler ross ini merupakan style ayam yang berpusat di Inggris. Ciri-ciri pada ayam broiler ros ini punyai bulu diseluruh tubuhnya yang berwarna kuning dan punyai kekuatan tahan tubuh yang tinggi.

Hybro

Merupakan style ayam yang punyai kekuatan tahan tubuh yang lebih bagus pada iklim tropis dan lebih berfokus pada pengembangannya.

Apakah Ayam Broiler bisa bertelur?

Bisa hanya saja produktifitasnya di bawah style ayam petelur, didalam produktifitas telur ayam broiler untuk pas ini pemeliharaan ayam broiler mengalami peningkatan bersama semakin banyaknya keinginan ayam broiler. Kulit telur ayam broiler berwarna cokelat. Telur ayam broiler yang bisa dikonsumsi maupun bisa dijual ke pasar terhitung bisa dijadikan jamu. Ayam broiler bisa bertelur sampai 30 butir didalam tiap-tiap bulannya. Pada dasarnya untuk menjaga kemampuan kekuatan bertelur ayam broiler yang memiliki kualitas bersama memberi tambahan pakan nutrisi yang bisa dicampur bersama pakan ayam bersifat jagung, bekatul, dedak gabah dan sebagainya.

Kandang Ayam Broiler

Ayam broiler kebanyakan bisa diumbar atau dibiarkan berkeliaran ditempat tinggal. Dahulu banyak penduduk dan kalangan peternak ayam broiler yang percaya pada ayam broiler yang diiumbar dan dibiarkan berkeliaran ke lingkungan tempat tinggal dagingnya dapat menjadi lebih lezat. Tetapi tidak sedikit pula penduduk yang menternakkan ayam broiler pada sebuah kandang. Namun, untuk pas ini banyak peternak ayam broiler yang memasang ayam broiler didalam sebuah kandang. Kandang ayam yang baik adalah kandang yang bisa memberi tambahan kenyamanan dan mencukupi persyaratan kebugaran bagi ayam. Dan pada prinsipnya style kandang yang baik adalah kandang yang simple bersama pembiayaan yang murah.

Makanan Ayam Broiler

Jenis pakan yang bisa diberikan pada ayam broiler agar menghasilkan ayam yang bekualitas bersama perlindungan pakan yang punyai kualitas yang tinggi bersama begitu bisa digunakan sebagai sumber kekuatan dan punyai zat gizi. Setelah berbicara berkenaan makanan , maka seterusnya kami mesti mencermati minuman yang mesti diberikan untuk ayam. Air minuman yang bisa diberikan pada ayam haruslah air yang berasal berasal dari sumber air yang bersih. Sehingga didalam pemeliharaan kebersihan kandang sebaiknya dilakukan tiap-tiap hari kalau membersihkan atau membersihkan daerah pakan atau minum manfaat memelihara kebugaran pada ayam serta membersihkan kandang ayam berasal dari sisa pakan maupun kotoran ayam untuk memelihara keindahan pada bulu ayam broiler.

Dengan jangka kala yang lebih lama, peternakan ayam petelur dengan skala besar akan mendapatkan lebih banyak pendapatan daripada ternak ayam broiler karena setelah bertelur, ayam bisa dijual lagi sebagai daging atau pun sebagai ayam petelur afkir kendati dengan harga lebih tidak mahal dibandingkan dengan ayam broiler. Ini berarti, saat ayam petelur jadi tua dan tingkat konsumsi pakan mereka lebih tinggi berasal dari mengolah telur, Anda mesti mengerti sudah waktunya untuk menjualnya untuk mengawali satu set ayam petelur lagi. Penjualan ayam petelur tua ini bisa jadi pendapatan tambahan yang ditambahkan ke pendapatan yang dihasilkan berasal dari penjualan telur.

Ayam broiler bisa lebih untung daripada ayam petelur kala Anda sudah memiliki permohonan pasar yang besar, sampai-sampai Anda tidak bisa mencukupi seluruh permintaan. Hal ini bisa saja berjalan saat Anda mesti sedia kan jumlah daging broiler untuk perusahaan (hotel, restoran atau sekolah, dll.) Dan lebih-lebih saat Anda memiliki cukup banyak pelanggan berasal dari lokasi Anda. Dalam perihal ini, Anda bisa mengolah di dalam skala besar dan menjual di dalam kala 8 minggu dan mengawali putaran ayam broiler baru kembali. Ini akan memicu Anda menjual lebih banyak dan membuahkan lebih banyak keuntungan daripada ayam petelur. Tetapi apa yang akan berjalan saat permohonan pasar untuk telur termasuk besar?

Ayam Petelur

Ayam petelur adalah ayam betina dewasa yang dibudidayakan khusus untuk diambil telurnya saja.

Menurut sejarahnya, ayam petelur merupakan type ayam yang tinggal di hutan dan dipelihara oleh para masyarakat desa.

Biasanya, ayam ini sering kali dijadikan sebagai sumber makanan utama.

Seiring berjalannya waktu, ayam-ayam hutan tersebut diseleksi oleh bervariasi produsen pangan untuk ditemukan gen unggas petelur dan pedaging paling unggul.

Dengan menyeleksi ayam petelur unggul, produsen dapat menghilangkan sifat jelek dan merawat sifat baiknya.

Ayam petelur unggul yang diseleksi dapat dipakai sebagai plasma nutfah untuk dijadikan bibit bermutu.

Budidaya ayam petelur dapat di mulai kala ayam menginjak umur 5 bulan,  kemduian terus membuahkan telur hingga 1 atau 2 th. kemudian.

Akan tetapi, umumnya produksi telur paling baik tersedia pada tahun-tahun awal ayam jadi bertelur.

  1. Kenali Jenis untuk Ternak Ayam Petelur

Apabila kamu udah siap mengawali ternak ayam petelur, perihal pertama yang mesti kamu hiraukan adalah membedakan jenisnya.

Selain itu, kamu terhitung mesti dapat pilih ayam mana yang dapat kamu budidaya.

Hal Ini mutlak untuk dipikirkan dikarenakan hasil telur ayam dapat pilih harga menjual dan untung yang masuk ke di dalam saku.

Ada 2 type ayam petelur yang dapat dijadikan ternak, yaitu ayam petelur putih dan petelur cokelat.

Simak perbedaannya di bawah ini.

Petelur Putih (Ayam Ringan)

Karakteristik ayam putih meliputi

telur berwarna putih;

sensitif pada hawa panas dan suara bising;

berat badan tubuhnya lebih mudah dibandingkan petelur cokelat; dan

Paling banyak dijumpai di pasaran.

Petelur Cokelat (Ayam Medium)

Karakteristik ayam cokelat meliputi

telurnya berwarna cokelat;

sulit dijumpai dan condong lebih mahal untuk dibeli;

harga telur pun lebih mahal;

ukuran telur lebih besar dan lebih bulat; dan

bisa dijadikan ayam pedaging.

  1. Memilih Bibit Ternak Ayam Petelur

Memilih bibit untuk bisnis ayam petelur sebetulnya tidak mudah.

Untuk membuahkan telur yang prima dan layak jual, bibit mesti diambil dari type unggul.

Kamu dapat menetaskan bibit langsung dari telur atau membelinya dari petani ayam petelur.

Berikut adalah perihal yang mesti kamu perhatikan di dalam pilih bibit bisnis ayam petelur:

Bibit ayam miliki bulu yang halus dan mengkilap

Badan bibit ayam ideal

Bibit ayam berasal dari induk yang sehat dan berkualitas

Bibit ayam mesti sehat

Perkembangan bibit ayam mesti mulus

Nafsu makan bibit ayam tinggi

Tidak tersedia cacat yang keluar pada badan bibit ayam

  1. Memilih dan Membangun Kandang Bisnis Ayam Petelur

Agar bisnis ayam petelur lancar, kamu mesti miliki kandang yang memadai.

Setelah pilih type bibit yang diinginkan, simpan bibit tersebut di di dalam kandang.

Besar kandang dapat disesuaikan dengan seberapa banyak ayam dan besar bisnis ayam petelur yang dapat kamu bina.

Secara umum, type kandang ternak ayam petelur tersedia 2 macam, yaitu kandang baterai dan koloni/umparan

Kandang Baterai

Secara singkat, kandang baterai adalah type kandang yang khusus dibuat untuk bisnis ayam petelur.

Satu kandang baterai umumnya hanya diisi oleh 1 ayam ekor ayam saja.

Itulah mengapa untuk type kandang ini peternak mesti dapat sedia kan kandang dan lahan yang cukup luas.

Keuntungan dari kandang ini adalah sistem pengumpulan telur dapat lebih mudah dikarenakan telur tidak dapat terhalangi atau tertumpuk ayam lainnya.

Kandang Koloni/Umparan

Berbeda jauh dengan kandang baterai, peternak yang pilih kandang koloni atau umparan diharuskan mencampurkan banyak ayam di di dalam satu kandang.

Alternatif ini dipilih untuk mengawali bisnis ayam petelur dengan skala yang lebih kecil.

Keunggulan kandang koloni terhitung dapat digunakan untuk ternak ayam pedaging.

Sementara itu, kelemahannya adalah susahnya melacak telur yang tersebar di di dalam kandang.

  1. Memilih Tempat Ternak Ayam Petelur yang Tepat

Kamu mesti tahu, mencoba bisnis ayam petelur tidak mirip dengan membesarkan satu ayam di rumah, khususnya untuk bisnis berskala besar.

Semakin besar kandang yang dibangun, lahan yang dipilih pun mesti makin luas dan jauh dari pemukiman warga.

Pasalnya, ayam-ayam yang kamu pilih dapat membuahkan bau tidak sedap.

Tentunya, lokasi kandang dapat mengganggu tetangga andaikata disimpan di sedang kompleks.

  1. Minum dan Pakan Ayam Petelur

Agar ayam tumbuh dengan sehat dan membuahkan telur-telur berkualitas, tersedia lebih dari satu type pakan yang dapat kamu pilih.

Jenis pakan ayam berkualitas yang umumnya dipakai banyak peternak adalah jagung, tepung ikan, dan sentrat.

Ketiga type pakan ini miliki takaran protein dan nutrisi yang tinggi bagi ayam.

Pemberian makan untuk bibit ayam terbagi jadi 2 fase, yaitu starter dan finishing.

Starter diberikan pada empat minggu awal, sedangkan finishing diberikan pada minggu kelima hingga enam.

Untuk minumnya, tak sekedar air, peternak terhitung mesti beri tambahan obat anti stres.

Obat ini dapat dicampurkan langsung ke di dalam minuman.

Jangan lupa memberikan sedikit gula agar rasa air tidak terlalu pahit.

  1. Perawatan Kandang Ayam Petelur

Cara beternak ayam petelur seterusnya adalah jelas beberapa langkah perawatan ayam, khususnya tentang kandang.

Kebersihan kandang merupakan tidak benar satu perihal mutlak yang mesti didahulukan.

Kandang yang bersih dapat menciptakan telur-telur berkualitas dan melancarkan sistem penjualan.

Ayam-ayam yang tinggal di di dalam kandang bersih dapat jauh dari stres, agar panen telur pun tidak dapat tertunda dan kami tidak dapat kerugian.

Pembersihan kandang dari kotoran baiknya ditunaikan tiap tiap hari.

Beberapa peternak ayam membangun kandang di atas kolam ikan untuk menyiasati pembersihan agar lebih mudah.

Kotoran ayam dapat jatuh langsung ke di dalam kolam dan jadi pangan ikan.

  1. Pentingnya Vaksinasi Ayam

Selain merawat kebersihan kandang, bibit ayam yang kami rawat mesti diberi vaksin.

Vaksinasi merupakan sarana penambah nutrisi dan vitamin untuk ayam, agar mereka dapat tumbuh lebih sehat.

Tidak hanya dukungan vaksin, pengecekan kesehatan ayam pun mesti ditunaikan secara rutin.

Jika kamu mendapatkan ayam yang sakit, langsung pisahkan dari kandang sebelum akan penyakitnya menyebar pada bibit atau indukan ayam lainnya.

Setelah dipisahkan, memberikan perawatan intensif, jadi dari pengobatan hingga dukungan vitamin dan juga nutrisi yang mencukupi.

  1. Panen Ternak Ayam Petelur

Cara beternak ayam petelur terakhir adalah perhatikan sistem panen!

Panen telur ayam dapat ditunaikan setidaknya 3 kali di dalam satu hari, yaitu pada pagi, siang, dan sore.

Walaupun dapat rutin dilakukan, tidak seluruh telur yang dihasilkan ayam dapat mencukupi standar pasar.

Berikut adalah cara menengahi telur berkualitas dan abnormal:

Telur berkualitas bersifat oval (tidak lonjong atau gepeng)

Telur abnormal ukurannya lebih kecil

Terlur berkualitas berkulit tipis

Telur abnormal mengambang di air (busuk)

Telur berkualitas tenggelam di air